Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880 (Whatsapp)
News Photo

7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Tubuh

Nanas merupakan buah tropis yang digemari dan  dikonsumsi di seluruh dun. Buah ini mudah dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari.

Saat ini Nanas menjadi salah-satu komoditas buah unggulan dengan volume ekspor tinggi di Indonesia. Buah Nanas memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan kandungan nutrisinya yang baik bagi kesehatan.

Buah tropis menurut yankes.kemkes.go.id mengandung banyak serat makanan dan fitokimia seperti asam galat, katekin, epikatekin dan asam ferulat yang memberikan aktivitas farmakologis alami yang kuat.

Nanas mengandung senyawa fenolik dan flavonoid penangkap radikal yang kuat. Nanas juga merupakan kandidat makanan yang potensial untuk melindungi jantung dari hiperkolesterolemia.

Hiperkolesterolemia merupakan gangguan metabolisme dimana terdapat kadar kolestrol dalam tubuh yang tinggi, yang dapat disebabkan baik oleh konsumsi diet tinggi kolesterol atau familial hypercholesterolemia, yang secara abnormal keduanya dapat meningkatkan kadar lipid dalam sirkulasi dan akumulasi pada jaringan tertentu, termasuk akumulasi di jantung.

Menurut alodokter Kemenkes RI beberapa manfaat buah nanas :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Buah Nanas mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit seperti Influenza.
  2. Meningkatkan pencernaan: Enzim bromelain yang terdapat pada buah nanas dapat membantu memecah protein dalam makanan dan meningkatkan pencernaan. Enzim ini juga dapat mengurangi peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif. Dengan begitu, gejala dan keluhannya pun bisa berkurang. Buah ini dipercaya bisa mencegah dan mengatasi sembelit.
  3. Mengurangi peradangan: Enzim bromelain juga dapat membantu mengura ngi peradangan pada tubuh, termasuk peradangan pada sendi akibat arthritis. Hal ini membuat buah nanas bermanfaat untuk meredakan berbagai keluhan nyeri akibat peradangan, terutama nyeri sendi.
  4. Menjaga kesehatan jantung: Buah nanas mengandung serat, kalium, dan vitamin C, yang semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah darah tinggi dan kolesterol tinggi, nanas mampu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.
  5. Menurunkan risiko kanker: Kandungan antioksidan dalam buah nanas dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker.
  6. Menjaga kesehatan kulit: Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah nanas dapat mencegah munculnya kerutan dan menjaga kesehatan kulit dengan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari dan merangsang produksi kolagen. buah ini dipercaya dapat mengurangi flek hitam akibat paparan sinar UV dan membuat warna kulit lebih cerah.
  7. Meredakan batuk: Buah nanas telah lama dikenal sebagai obat batuk tradisional. Manfaat buah nanas ini juga berkat kandungan bromelainnya. Enzim ini meredakan batuk dengan cara mengencerkan dahak dan mengurangi rangsangan untuk batuk.

 Namun, penting untuk diingat bahwa mengonsumsi buah nanas dengan berlebihan juga bisa berdampak buruk pada kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti gangguan pencernaan atau alergi terhadap buah nanas.

 Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan buah nanas dalam diet Anda.

-

Sumber : Yankes.Kemkes dan Alodokter Kemenkes

Share This News