• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Senam Lansia Memberi Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Sudah merupakan hukum alam bahwa setiap manusia akan bertambah umur nya dan fungsi-fungsi tubuh akan berubah sesuai pertambahan umur.

Menurut para peneliti dari British Journal of Sports Medicine pada tahun 2014, orang lanjut usia, atau lansia, yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis.

 Selain itu, lansia yang aktif bergerak juga lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik, dan mentalnya juga masih terbilang baik ketimbang yang jarang olahraga. Untuk itu Lansia amat penting secara rutin melakukan senam lansia.

Senam lansia adalah olah raga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan pada lansia. Aktivitas olah raga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan sehat, karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang ada didalam tubuh.

Adapun manfaat senam lansia yaitu Bermanfaat untuk menghambat proses penuaan, jika dilakukan secara teratur akan mendapat kesegaran jasmani yang baik, mencegah terjadinya kehilangan massa tulang, terpeliharanya kekuatan otot, daya tahan tubuh dan kelenturan persendian, terpeliharanya kesehatan jantung dan system pernapasan menjadi baik, tekanan darah menjadi stabil dan dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit, menimbulkan rasa bahagia,bisa tidur lebih nyenyak dan pikiran tetap segar

Senam lansia terdapat berbagai jenis dari senam kebugaran, senam osteoporosis, senam otak, senam diabates mellitus dan senam persendian

Dalam melakukan senam lansia patut memperhatikan beberapa hal gerakannya bersifat dinamis, bertahap meningkat, adanya pemanasan dan pendinginan pada setiap latihan, lama latihan berlangsung kurang lebih 15-60 menit, frekuensi latihan minimal 3x/minggu, selalu mempertahankan keselamatan, tidak dianjurkan bila tekanan darah lebih dari 180 mmHg, dan berpenyakit berat

Ketika melakukan senam lansia ada beberapa tips yaitu sebelum dan sesudah senam selalu minum air putih terlebih dahulu untuk menggantikan keringat yang hilang, senam harus selalu di awasi oleh pelatih, agar tidak terjadi cedera, jika latihan senam dilakukan diluar ruangan, sebaiknya waktu senam dilakukan saat pagi atau sore hari.

Itulah beberapa manfaat senam pada lansia yang harus diketahui para orang lanjut usia. Mari ajak kerabat atau keluarga yang sudah berusia lansia untuk mulai melakukan senam/ olah raga.

Senam lansia adalah salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Meski namanya senam lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apa pun.

Setidaknya, para Lansia melakukan gerakan senam ini selama 30 menit sehari. Dengan meluangkan sedikit waktu Anda telah melakukan salah satu latihan yang dapat menunjang kondisi kesehatan. Ditambah lagi, melakukannya secara rutin 5 hari dalam seminggu akan mampu meningkatkan energi para lansia.

Narasumber : Tim Tim Geriatri RSKO Jakarta (dr.Suniar Leni, Sp.KFR dan Ana Nurjananti, Amd.Ft)

Laporan : Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

 

Share This News

Comment

Hotline : 0812 9515 2171