Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880 (Whatsapp)
News Photo

RSKO Jakarta Bicara Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di SMK Analis Kesehatan Harapan Putera Jakarta

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta pada hari Senin, 11 Desember 2023, mengadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan di Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila)  yang menitikberatkan pada Pergaulan Bebas, dan Bahaya Narkoba.

Iklim Keamanan Sekolah atau disingkat IKS adalah suatu kondisi di mana sekolah menjadi tempat yang aman, nyaman, dan kondusif bagi proses belajar mengajar.

Dengan Penyuluhan Kesehatan ini diharapkan siswa dapat terhindar dari berbagai masalah yang dapat mengganggu prestasi dan kesehatan mereka, akibat dari pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat, NAPZA yang dikenal lebih umum dengan sebutan Narkoba.

Kegiatan penyuluhan di Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta melibatkan Penyuluh Kesehatan sebanyak 3 (tiga) tenaga kesehatan (Nakes) yaitu ; drg.Imelda Kusumaningrum., Andri Mastiyanto, SKM., dan Euis Sayyidah, AMD.

Metode penyuluhan dengan penggunaan video animasi yang dipertontonkan pada peserta didik dilakukan pada penyuluhan kesehatan kali ini, karena disesuaikan dengan umur dari audiens nya yaitu siswa-siswi yang duduk tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas kelas 10 dan 11.

Penyuluhan kesehatan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta tidak hanya mempertontonkan video edukasi, juga menggunakan metode ceramah interaktif yang disertai tanya jawab, dan pemberian hadiah bagi yang bisa menjawab.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta, Ibu Noviyanti Wahyuningsih, S.Pd., M.Pd I Dokpri

Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta, Ibu Noviyanti Wahyuningsih, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa edukasi kesehatan kali ini sengaja mengundang RSKO Jakarta.

Tambahnya, kegiatan ini merupakan salah-satu usaha / upaya kami dalam menerapkan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yg memang diwajibkan dalam Kurikulum Merdeka, tapi banyak sekolah dalam bentuk gelar budaya dan gelar karya saja.

Lanjut Ibu Noviyanti, dalam dikegiatan ini saya pakai dalam P5 kesempatan ini di Project Lintas Disiplin Ilmu yang secara kontekstual berbasis kebutuhan masyarakat dan berbasis masalah sekolah.

Penyuluhan Kesehehatan di SMK Analis kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta

"Salah-satu yang paling mempengaruhi itu di bullying, narkoba, anak-anak yang sudah mulai banyak yang merokok secara diam-diam. Dari situ Kami mencari siapa narasumber yang paling kompeten, kami dapatkan RSKO Jakarta" ungkap Noviyanti Wahyuningsih, S.Pd., M.Pd di Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta.

Kegiatan ini dalam event P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam upaya menyelesaikan masalah dilingkungan dan agar supaya mereka berjiwa Pancasila, berjiwa patriotosme, dan bisa menghindari hal-hal diluar Pancasila.

Ibu Noviyanti mengharapkan supaya kegiatan ini continue dan berkesinambungan dan dapat berkerjasama antara pihak sekolah dengan RSKO Jakarta.

Selain itu kedepannya untuk bisa menyelenggarakan kegiatan serupa baik itu ditahun mendatang maupun secara continue setiap bulannya.

Dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, para peserta didik diharapkan memiliki bekal dan menjaga pengaruh buruk untuk dirinya sendiri, untuk itu kenapa Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta ingin berkerjasama dengan RSKO Jakarta.

Pihak Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kesehatan Tunas Harapan Putera Jakarta juga amat menyambut baik kehadiran Nakes RSKO Jakarta dalam memberikan penyuluhan kesehatan bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

RSKO Jakarta sangat terbuka atas permohonan Institusi Pendidikan baik sekolah maupun kampus untuk memberikan penyuluhan kesehatan menyangkut kepada siswa didik.

Institusi pendidikan dapat menghubungi nomor kontak ; Imelda (0813-1024-3043) dan Sita (0812-9864-9595).


Salam Sehat

PKRS dan Pemasaran RSKO Jakarta

rsko-jakarta.com

IG @pkrs_rsko

Share This News