Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880 (Whatsapp)
News Photo

Gadis Kretek, HKN ke 59 dan Booth RSKO Jakarta

"Kita akan perkuat puskesmas, posyandu, sampai layanan kesehatan yang sifatnya promotif atau edukasi dan preventif atau pencegahan," ujar Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (06/10/2023).

Dalam beberapa pekan terakhir, movies enthusiastic sedang hive serial Gadis Kretek yang mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan. Serial ini sarat dengan aroma tembakau.

Serial Gadis Kretek diangkat dari novel laris karya Ratih Kumala yang diterbitkan pada tahun 2012. Novel Gadis Kretek meraih 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012.

Tokoh utama pria diceritakan diawal scene serial mendapatkan perawatan homecare kanker paru. Tokoh utama ini merupakan pemilik pabrik rokok.

Di tengah perjuangannya melawan kanker di masa tuanya, ia ingin bertemu dengan mantan kekasihnya yang dahulu saat mereka masih muda-mudanya menggeluti industri rokok rumahnya. Kekasihnya ini sang Gadis Kretek diceritakan mengidap penyakit TB Paru.

Logo HKN 2023 I Sumber Foto : Kemenkes RI

Hari Kesehatan Nasional ke 59 akan diperingati pada tanggal 12 November 2023. Kemenkes RI menetapkan Tema Hari Kesehatan Nasional 2023 "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".

Peringatan yang terus digelorakan Kemenkes setiap tahun ini bertujuan sebagai momentum untuk membangun dan mendorong kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan.

Dilansir dari Setgab.go.id (DI SINI), Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan memfokuskan pelayanan kesehatan ke arah pencegahan atau promotif preventif.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari transformasi kesehatan yang dilakukan pemerintah.

Salah satu upaya pencegahan yang ditekankan oleh Menkes adalah dengan menyarankan masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).


SEJARAH HARI KESEHATAN NASIONAL 

Kembali ke HKN, Sejarah HKN bermula dari keberhasilan Pemerintah RI memberantas wabah malaria pada 12 November 1964. Tanggal yang sama di tahun yang berbeda juga merupakan momen bersejarah penyemprotan insektisida dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pada waktu itu, ratusan ribu jiwa menjadi korban yang terenggut nyawanya karena wabah malaria di Indonesia pada 1950-an. Pemerintah pun berusaha memberantas malaria (Malaria eradication) di seluruh wilayah NKRI.

Dinas Pembasmian Malaria (DPM) dibentuk untuk menjalankan program tersebut di tahun 1959. Lalu, pada Januari 1963, DPM berubah nama menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM).

Upaya Pemerintah RI dalam membasmi malaria saat itu dilakukan dengan menggunakan insektisida dichloro diphenyl trichloroethane (DDT). Insektisida ini disemprotkan secara massal ke rumah-rumah warga di seluruh Jawa, Bali dan Lampung.

Setelah menjalankan program pemberantasan malaria itu akhirnya hasilnya dirasakan di tahun 1964. Sebanyak 63 juta penduduk NKRI terlindung dari penyakit malaria.

Keberhasilan program pemberantasan malaria pada 12 November 1964 kemudian ditetapkan sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).


BOOTH RSKO DI PAMERAN HKN KE 59 

Pameran HKN 2023 akan digelar selama tiga hari di Gedung JCC Senayan Jakarta Pusat, 9-11 November 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan-Jakarta.

Gelaran acara pameran HKN 2023 ini merupakan bagian rangkaian acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Yuk #HealthyPeople !, gerakkan dirimu untuk ikut andil meriahkan #PameranHKN59 dan ikuti berbagai kegiatan dan acara yang menarik.

Jangan sampai ketinggalan ya......

Lokasi Booth RSKO Jakarta I Sumber Foto : dokpri

Ingat, acara ini dibuka untuk umum dan GRATIS lho! dan Booth RSKO Jakarta berada di JCC Gedung Assembly, Hall B, Booth Stand nomor 88.

Dapat mengakses lokasinya pada link berikut : KLIK DI SINI https://bit.ly/BoothJCCRSKO

Stand / booth RSKO Jakarta berada disebelah kanan RSUP Persahabatan dan sebelah kiri RSUP Muhammad Hoesin.

_

Salam Sehat

PKRS dan Pemasaran

www.rsko-jakarta.com

Instagram @pkrs_rsko


Share This News