Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880 (Whatsapp)
News Photo

RSKO Jakarta Melaksanakan Penyuluhan Kesehatan di SDN 05 Kebon Pala Jakarta

Penyuluhan Kesehatan di SDN 05 Kebon Pala Jakarta I Sumber Foto : dokpri Select an Image

Jakarta (04/10/2023), RSKO Jakarta melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di SDN Kebon Pala 05 yang ditujukan bagi peserta didik Kelas lV, V dan Vl.

Usia Sekolah Dasar (SD) merupakan usia-usia dimana tumbuh kembang anak, baik perkembangan psikomotor maupun psikologis mengalami perkembangan.

Para peserta didik di usia SD amat penting untuk mendapatkan edukasi mengenai perundungan (bullying), kekerasan seksual, dan bahaya narkoba.

Kenapa penyuluhan (edukasi) Kesehatan itu penting ?

Berdasarkan data Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) yang dipublish dari Kata Data, terdapat 16 kasus perundungan (bullying) yang terjadi di sekolah-sekolah pada periode Januari hingga Agustus 2023.

Adapun kasus perundungan di sekolah yang paling banyak terjadi di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekitar 25?ri total kasus.

Tidak hanya di Sekolah dasar (SD), perundungan juga terjadi di lingkungan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), dengan presentase keduanya sebesar 18,75%.

Sedangkan di lingkungan Madrasah Tsanawiyah dan pondok pesantren, masing-masing dengan persentase sebesar 6,25%.

Data tersebut juga menunjukkan, jumlah korban perundungan di satuan pendidikan selama paruh pertama 2023 adalah sebanyak 43 orang. Rinciannya, 41 orang korban berasal dari peserta didik dan dua orang lainnya adalah guru.

Sementara pelaku perundungan didominasi oleh peserta didik, yaitu sejumlah 87 orang pelaku. Diikuti oleh pendidik (5 orang), orang tua (1 orang), dan kepala madrasah (1 orang).

Biro Data dan Informasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mencatat sebanyak 251 anak yang berusia 6-12 tahun telah menjadi korban kekerasan di sekolah pada periode Januari-April 2023.

Sedangkan Sebanyak 251 anak berusia 6-12 tahun menjadi korban kekerasan di sekolah pada periode Januari-April 2023.

Sebanyak 251 anak berusia 6-12 tahun menjadi korban kekerasan di sekolah pada periode Januari-April 2023.

Berdasarkan data BNN dalam laporan “Indonesia Drugs Report 2022”, kelompok 15 s/d 24 tahun, tercatat 1,9 ?ri 4,8 juta pengguna dari pernah pakai dan 1,87 ?ri 3,6 juta pengguna yang memakai selama setahun.

Tentu data-data diatas sangat meresahkan, untuk itu SDN 05 Kebon Pala menggandeng RSKO Jakarta memberikan penyuluhan kepada peserta didik menyangkut Bullying, Kekerasan Seksual dan Bahaya Narkoba.

Nakes RSKO Jakarta memberikan penyuluhan kesehatan di depn para peserta didik SDN 05 Kebon Pala Jakarta I Sumber Foto : dokpri Select an Image

Kegiatan penyuluhan di SDN 05 Kebon Pala melibatkan Penyuluh Kesehatan sebanyak 4 (empat) Tenaga Kesehatan (Nakes) yaitu ; drg.Imelda Kusumaningrum., Intan Endang Sonata, SKM, MKM., Sita Fitria Nurinta, SE., dan Euis Sayyidah, AMD.

Penyuluhan Kesehatan dibagi menjadi 3 sessi terdiri dari kelas 4, 5, dan 6. Khusus untuk kelas 6 terbagi 3 kelompok. Jumlah peserta didik yang menerima edukasi Kesehatan sebanyak 270 siswa.

Penggunaan video animasi yang dipertontonkan pada peserta didik dilakukan pada penyuluhan kesehatan kali ini, karena  disesuikan dengan umur dari audiens nya yaitu siswa-siswi yang duduk tingkat pendidikan Sekolah Dasar kelas 4,5, dan 6.

Edukasi Kesehatan bagi siswa SDN 05 Kebon pala selain menonton video animasi juga menggunakan metode ceramah interaktif yang disertai tanya jawab, dan pemberian hadiah bagi yang bisa menjawab.

Kepala Sekolah SDN Kebon Pala 05, Ibu Runtut Handayani, SPd, I Sumber Foto : dokpri Select an Image

Kepala Sekolah SDN Kebon Pala 05, Ibu Runtut Handayani, SPd, menyampaikan “Alhamdulillah di sekolah kami hari ini mendapatkan penyuluhan anti bullying, anti kekerasan seksual dan anti narkoba. Kami di sekolah membuat program supaya anak-anak di SDN 05 Kebon Pala tidak mengalami perundungan, tidak mengalami kekerasan seksual, dan tidak mengalami adanya pecandu narkoba. Semua itu kami laksanakan demi terciptanya generasi unggul

Tambahnya, kami memiliki program menciptakan sekolah yang aman, ramah anak dan menyenangkan bagi anak-anak dan warga sekolah.

Ibu Runtut mengharapkan kegiatan penyuluhan ini akan menjadi pembelajaran bagi warga sekolah untuk dapat mencegah macam terjadinya perundungan, pelecehan seksual dan narkoba.

Dengan adanya penyuluhan Kesehatan ini memiliki tujuan agar peserta didik dapat menjadi manusia yang saling peduli, saling berkerjasama, saling sayang-menyayangi diantara kita semua.

Pihak SDN 05 Kebon Pala, Jakarta juga amat menyambut baik kehadiran Nakes RSKO Jakarta dalam memberikan penyuluhan Kesehatan perundungan, kekerasan seksual dan bahaya narkoba.

RSKO Jakarta sangat terbuka atas permohonan Institusi Pendidikan baik sekolah maupun kampus untuk memberikan penyuluhan kesehatan menyangkut kepada siswa didik.

Institusi pendidikan dapat menghubungi nomor kontak ; Imelda (0813-1024-3043) dan Sita (0812-9864-9595).

***

Salam Sehat

PKRS dan Pemasaran RSKO Jakarta

www.rsko-jakarta.com

Share This News