Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880 (Whatsapp)
News Photo

Lomba Pasien Instalasi Rehabilitasi NAPZA Sambut HUT RSKO Jakarta ke 51

Lomba Pasien Rehabilitasi NAPZA RSKO Jakarta I Sumber Foto : RSKO Jakarta 

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta menyentuh umur 51 tahun di tanggal 3 Juli 2023. Dalam menyambut dirgahayu RSKO Jakarta diselenggarakan berbagai kegiatan, baik bagi civitas hospitalia maupun masyakat umum, termasuk pasien rawat inap.

Rangkaian kegiatan menyambut HUT RSKO Jakarta ke 51 dari edukasi kesehatan kepada warga Cipayung menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 (25 Juni 2023), Donor Darah (3 Juli 2023), Lomba bagi Pasien Rawat Inap RSKO Jakarta (4 Juli 2023), Lomba Usulan Nama bagi RSKO Jakarta (7 Juli 2023), Pemeriksaan Kesehatan Gratis (14 Juli 2023), dan Bazar (14 Juli 2023).

Pasien rawat inap RSKO Jakarta dalam masa perawatan penyalahgunaan NAPZA / narkoba tidaklah terkukung. Pasien layaknya manusia normal pada umumnya, haanya saja dalam masa perawatan di rumah sakit.

Dalam penanganan para tenaga kesehatan yang profesional, para pasien rawat inap dapat berinteraksi dengan baik, bahkan bisa melakukan aktivitas sebagai mana mestinya.

Pasien NAPZA dirawat dan dibina dengan baik oleh tenaga kesehatan, psikolog, konselor, dan tenaga lainnya. Pasien menjalankan rehabilitasi di Instalasi Rehabilitasi NAPZA yang dikenal dengan sebutan Rumah Halmahera atau Halmahera House.

Mereka juga akan dilatih dan diajak untuk berinteraksi sehingga bisa membangkitkan kreativitas yang mereka miliki.

Kepala Instalasi Rehabilitasi NAPZA, dr. Angel Fricillia Hambuwun, MARS I Sumber Foto : RSKO Jakarta Select an Image

Kepala Instalasi Rehabilitasi NAPZA, dr. Angel Fricillia Hambuwun, MARS dalam kata sambutannya "Perlombaan kali ini dalam rangka menyambut HUT RSKO Jakarta ke 51. Lomba sengaja dibuat dalam bentuk tim (kelompok). Tujuannya agar supaya timbul rasa kekeluargaan makin bertambah, dan meningkatkan kerjasama makin baik lagi di antara kalian"

Tambah, dr Angel, perlombaan ini diharapkan akan menjadi kenangan di tahun-tahun mendatang bagi teman-teman yang sedang belajar disini.

"Lomba kali ini dapat mengasah kekompakan dan sportifitas kita semua. Dan Saya mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan kalian semua" harap dr.Angel di Ruang Main Hall Instalasi Rehabilitasi NAPZA.

Turut hadir Kepala Ruangan Instalasi Rehabilitasi NAPZA, Sofia Baradja, S.Kep, Ners,menyampaikan RSKO Jakarta mengadakan lomba kekompakan untuk menyambut HUT RSKO Jakarta ke 51 pada tanggal 3 Juli, namun lomba ini oleh Instalasi Rehabilitasi NAPZA diselenggarakan pada tgl 4 Juli 2023.

Kepala Ruangan Instalasi Rehabilitasi NAPZA, Sofia Baradja, S.Kep, Ners I Sumber Foto : RSKO Jakarta Select an Image

Kepala Ruangan Instalasi Rehabilitasi NAPZA, Sofia Baradja, S.Kep, Ners I Sumber Foto : RSKO Jakarta

"Lomba ini juga untuk memperingati HANI yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2023. Tahun-tahun sebelumnya perlombaan agak berat, untuk lomba yang sekarang diadakan lebih ringan. Hadiahnya lomba kali ini dalam bentuk voucher belanja yang dapat dibelanjakan ke Koperasi Sejahtera RSKO Jakarta" Jelas Ibu Sofia.

Melihat pentingnya pasien rehabilitasi NAPZA dapat beraktifitas yang memberi manfaat, untuk itu RSKO Jakarta menyelenggarakan lomba kekompakan bagi pasien rawat inap dalam bentuk group yang terdiri dari 1 grup 5 orang dalam 9 (Sembilan) kelompok. Adapun lomba-lomba tersebut :

  1. Lempar pingpong dalam loyang
  2. Memindahkan kacang menggunakan sumpit
  3. Memindahkan balon menggunakan bagian belakang
  4. Memasukkan belut ke dalam botol
  5. Lomba kebersihan kamar.

Lomba kekompakan ini dilaksanakan pada hari selasa, 4 Juli 2023 di area Main Hall dan lapangan basket Instalasi Rehabilitasi NAPZA.

"Lomba kekompakan pasien rawat inap NAPZA ini merupakan bagian dari rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun RSKO Jakarta ke 51 (3 Juli 2023) dan Hari Anti Narkotika Internasional (26 Juni 2021)" penjelasan Sofia Baradja di ruang main hall Instalasi Rehabilitasi NAPZA (22 Juni 2021).

Lomba kekompakan ini diharapkan dapat memunculkan semangat dan memancing kerjasama pasien NAPZA rawat inap. Mengikuti lomba merupakan media ekspresi karena tidak semua ekpresi dapat dikeluarkan oleh para pasien.

Pasien yang dalam masa perawatan terdiri dari berbagai macam usia dan latar belakang. Mereka juga memiliki tingkat kesembuhan dan pemulihan yang berbeda beda satu sama lain.

Ternyata dari lomba kekompakan ini amat terlihat pasien rawat inap menjadi lebih bersemangat dan mampu mengeluarkan ekspresinya.

Meskipun para pasien dalam proses masa perawatan yang kerap mood nya tidak stabil, tapi mereka terlihat bahagia dengan hadirnya perlombaan ini.

Lomba kekompakan Pasien rawat Inap Instalasi Rehabilitasi NAPZA I Sumber Foto : RSKO Jakarta Select an Image

Lomba kekompakan pasien diikuti oleh pasien rawat inap Instalasi Rehabilitasi NAPZA sebanyak 59 pasien. Para pasien begitu terlihat antusias dan semangat mengikuti lomba kali ini.

Pemenang lomba kreatif ini diberikan hadiah hiburan yang telah disiapkan oleh panitia Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dan HUT RSKO Jakarta ke 51.

Tujuan lomba kekompakan pasien ini selain untuk memeriahkan peringatan HANI dan HUT RSKO Jakarta ke 51, dan juga untuk membuat pasien senang serta agar imun tubuh terjaga sehingga pasien cepat pulih. (AM)

__

Salam Sehat

RSKO Jakarta

www.rsko-jakarta.com

Share This News