• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

RSKO Jakarta Membudayakan Berjemur

Virus Corona yang mewabah menjadi pandemic Covid-19 membuat banyak negara menggalakkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), mencuci tangan dengan baik dan benar, jangan menyentuh area wajah sebelum cuci tangan, physical distancing, pembatasan keluar rumah, dll.

Peningkatan daya tahan tubuh menjadi salah-satu perhatian masyarakat karena menjadi tameng saat virus corona terpapar ke tubuh kita. Bila daya tahan tubuh / imunitas tubuh kita baik mengurangi risiko Kesehatan mengarah perburukan.

Salah-satu peningkatan daya tahan tubuh yang dianjurkan oleh para pakar Kesehatan yaitu dengan berjemur pada pagi hari. Berjemur pada pagi hari dipercaya mampu membangkitkan daya tahan tubuh / imunitas tubuh.

Dikutip dari akun Instagram Pusat Pengembangan Kedokteran Indonesia UI @fkui.ukk, ternyata sinar matahari memang dapat menimbulkan beberapa masalah bagi tubuh. Tetapi, sinar matahari pagi mampu memberikan beberapa manfaat.

Berapa banyak sinar matahari yang diperlukan oleh tubuh untuk setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada warna kulit, usia, riwayat kesehatan, diet dan tempat dimana Anda tinggal.

Secara umum para ilmuan berpendapat antara 5 s/d 15 menit dan bisa sampai 30 menit jika berkulit gelap. Atau bisa lebih lama dari itu, konsultasikan dengan dokter.

Sinar UV matahari membantu pembentukan nutrisi yang penting bagi tulang, sel darah merah, dan system imun pada tubuh. Untuk mendapatkan vitamin D, kebanyakan orang memakan makanan yang mengandung vitamin D.

Tetapi, Sinar matahari bisa membantu Anda mendapatkan untuk pembentukan beberapa mineral seperti Kalsium dan Pospor.

Bagi sebagian orang yang berada di tempat yang tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, dapat berisiko terkena beberapa penyakit pada beberapa organ seperti payudara, usus besar, prostat dan paru-paru.

Selain itu dapat menimbulkan beberapa kondisi serius seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan rendahnya tingkat Vitamin D yang didapatkan.

Atas dasar Kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh bagi pegawai dan pasien maka RSKO Jakarta membudayakan berjemur pada pagi hari. Kegiatan berjemur Bersama ini dilaksanakan setiap hari pada pukul 09.00 wib selama 15 menit.

Setiap hari Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta mengingatkan para pegawai melalui media komunikasi seperti What Apps Group (WAG) RSKO Jakarta dan mengajak secara langsung kepada para pegawai.

Pegawai yang berjemur untuk meningkatkan imunitas tubuh dilakukan secara bergantian antara pukul 09.00 s/d 10.00 wib. Kegiatan berjemur ini dilakukan di area terbuka di RSKO Jakarta.

Sedangkan bagi pasien rawat inap narkoba yang sehat secara fisik (tidak bed rest) dilaksanakan di area olahraga seperti dilapangan bulutangkis, lapangan bansket dan lapangan volley yang masih berada didalam area rehabilitasi narkoba RSKO Jakarta.

RSKO Jakarta berusaha berperan aktif dalam upaya preventif Kesehatan kepada seluruh pegawai dan pasien, salah-satunya kegiatan berjemur pagi hari ini. Kegiatan ini pun memperhatikan pencegahan penyebaran virus corona dengan physical distancing.

-----

Penulis : Andri Mastiyanto, SKM (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)

Laporan Instalsi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880