• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Kewaspadaan Covid 19 di RSKO Jakarta

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah meningkatkan status Corona atau Covid-19 secara global menjadi Pandemi pada Kamis (12/3). Kemudian Pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaan terutama dalam hal mencegah penyebaran kasus.

Rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan dimana sebagai tempat pemberian pelayanan bagi masyarakat umum secara otomatis menjadi lokasi dimana masyarakat berkumpul. Masyarakat ini disebut dengan masyarakat rumah sakit yang terdiri dari tenaga kesehatan (nakes), tenaga penunjang rumah sakit, pasien, dan pengunjung.

Dikarenakan hal tersebut RSKO Jakarta sejak 13 Maret 2020 melaksanakan peningkatan kewaspadaan Covid 19 dengan melakukan pemberlakuan bagi masyarakat rumah sakit yang masuk kawasan rumah sakit melalui satu pintu (lobby RSKO Jakarta), pengecekan suhu tubuh, pemberian tanda sesuai kategori pengunjung dan edukasi cuci tangan 6 langkah serta edukasi etika batuk.

Pada Kamis, 19 Maret 2020, RSKO Jakarta melakukan pemeriksaan kesehatan Medical Check UP (MCU) bagi tenaga kesehatan (nakes), tenaga penunjang, admintrasi dan lainnya. Pada hari pertama (19/3) dilakukan pemariksaan kepada 40 nakes yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid 19, dan hari selanjutnya 25 pegawai per hari.

Pemeriksaan ini dilakukan demi mengetahui kondisi kesehatan seluruh pegawai RSKO Jakarta yang berisiko tinggi terpapar Covid 19. Pemeriksaan MCU ini terdiri dari konsultasi dengan Dokter Spesialis, pemeriksaan Laboratorium dan Radiologi. 

Apabila ditemukan ada pegawai yang memiliki tanda dan gejala Covid 19 seperti batuk, flu, radang dan demam, RSKO Jakarta melakukan pemeriksaan lanjutan dan memberikan pengobatan dan surat sakit untuk beristirahat di rumah (tidak berkerja dahulu). Tim kesehatan RSKO Jakarta akan melakukan pemantauan kepada pegawai tersebut.

Dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 dan menjaga agar pasien, pengunjung tidak mengantri dan duduk berdempetan, Subbag Rumah Tangga dan Perlengkapan membuat tanda / marka. Pasien mengantri dengan jarak 1 meter antar pasien dan duduk dijeda satu bangku.

RSKO Jakarta memperbanyak peletakan hand sanitizer dilingkungan Rumah Sakit dan penempelan edukasi cuci tangan 6 langkah sesuai standar WHO berdekatan dengan hand sanitizer. Beberapa titik dipasang roll banner edukasi kesehatan mengenai, etika batuk, cuci tangan dan Covid 19 agar masyarakat rumah sakit waspada tapi tidak panik.

Demi menjalankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3RS) Rumah Sakit untuk itu Instalasi Sarana dan Prasarana Rumah Sakit melakukan sterilisasi ruangan menggunakan alat sterilisasi secara berkala terhadap ruangan-ruangan yang berisiko.

Untuk area rumah sakit yang tidak bisa dilaksanakan sterilisasi ruangan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid 19. 

Edukasi kesehatan rutin yang mengumpulkan massa / orang seperti senam jumat sehat (masyarakat sekitar rumah sakit), yoga healing (pasien rehabilitasi), edukasi kelompok kepada pasien (pasien) untuk sementara ditiadakan dan dilakukan penjadwalan ulang.

Waktu berkunjung keluarga pasien untuk sementara dibatasi agar pasien yang memiliki kategori risiko untuk tidak tertular. 

Edukasi kesehatan difokuskan kepada edukasi personal dan melalui media komunikasi (flayer, banner, TV). Untuk program rehabilitasi pasien napza / narkoba tetap dijalankan seperti morning meeting, pembelajaran dilakukan di area terbuka (main hall) dengan memberi jarak antar pasien. 

Demi menjaga kesehatan petugas baik fisik dan mental, Instalasi Sterilisasi dan Binatu mengkoordinir pegawai untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD) dari bahan-bahan yang tersedia di pasar. Untuk sementara ini RSKO Jakarta hanya bisa membuat face shield.

Dalam memenuhi cairan hand sanitizer dan cairan pembilas APD maka secara mandiri RSKO Jakarta memproduksi cairan hand sanitizer dan disinfektan. 

Pembuatan APD dan cairan Hand Sanitizer plus diinfektan dilakukan secara mandiri karena dalam kondisi kelangkaan. Apabila nantinya sudah ada penyedia yang dapat memenuhi kebutuhan RSKO Jakarta maka tentunya akan menggunakan yang sesuai Standar Nasional Indonesia dan telah teregistrasi.

---------------------------

Judul : Kewaspadaan Covid 19 di RSKO Jakarta

Penulis : Tim Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

Laporan : Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta





Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880