• rskojakarta@yahoo.co.id
Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880 (Whatsapp)
News Photo

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Agar tidak mudah sakit menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik. Pola hidup yang sehat dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan.

Namun disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dokter dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, dengan dosis yang tepat.

Daya tahan tubuh atau imunitas tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit dan menurunkan derajat kesehatan Anda.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan Daya tahan Tubuh. Selain menerapkan pola hidup sehat dan mengomsumsi suplemen juga harus menghindari stres, agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Agar daya tahan tubuh mampu berkerja optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh:

 

1.    Rutin Berolahraga dan Aktifitas Fisik

Ada baiknya Anda dapat berolahraga selama 30 menit setiap hari. Dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Selain berolahraga, ada hal yang mudah untuk dilakukan yaitu berjalan kaki.

 

Anda perlu berjalan kaki sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa jalan 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

 

2.    Cukupi Kebutuhan Waktu Tidur

Jika Anda kurang tidur akan dapat menurunkan daya tahan tubuh dan berisiko mudah terserang penyakit. Sangat Penting untuk mencukupi kebutuhan kecukupan waktu tidur.

 

Anjuran dari Kemenkes RI, orang dewasa sebaiknya mencukupi waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

 

3.    Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur, akan memperkuat imunitas tubuh atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit.

Karena hal tersebut, untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda sebaiknya untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

 

4.    Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sudah banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut.

Konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Dipercaya beberapa suplemen yang mengandung Echinacea,  Morinda citrifolia, Phylantus, vitamin (B6, C dan E) dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

5.    Hindari rokok dan alkohol

Bahaya merokok seringkali dikaitkan dengan kesehatan paru-paru dan berisiko menimbulkan kanker. Anda juga perlu tahu bahaya lain dari rokok, salah satunya adalah penurunan daya tahan tubuh.

Patut diketahui bahwa daya tahan tubuh merupakan “tentara” yang bertempur melawan bakteri,virus, maupun penyebab penyakit lain yang masuk ke tubuh. Jika sistem pertahanan tubuh ini rusak, maka Anda akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

 

6.    Menghindari stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Pengobatan modern sudah mempelajari hubungan kesehatan fisik dengan kondisi kejiwaan seseorang. Berbagai macam penyakit, termasuk sakit perut, gatal-gatal, dan bahkan penyakit jantung, terkait dengan efek stres emosional.

….

Judul : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Penulis : drg.Bagus Ario Wibiwo, MM (Kepala Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta)

Laporan : Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

Share This News

Comment