• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

RSKO Jakarta Mengirimkan 3 Perawat ke RSPI Sulianti Saroso

Kebutuhan tenaga kesehatan pada masa Pandemi Covid-19 makin meningkat selaras dengan peningkatan angka pasien positif terjangkit virus Corona alias COVID-19 masih terus naik. Total di Indonesia dalam data per Kamis (2/4), mencapai 1.790 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 170 jiwa, dan angka yang sembuh 112 orang.

Tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar virus korona (covid-19) di Jakarta bertambah tiga orang. Hingga saat ini, total nakes positif covid-19 menjadi 84 orang.

 "Satu meninggal, dua hamil," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam konferensi pers di Gedung Balai Kota DKI, Rabu, 1 April 2020.

Para nakes yang terpapar tersebut tersebar di 30 rumah sakit dan 1 klinik. Dwi mengatakan ada dua dokter spesialis meninggal, mereka berdomisili di Jakarta tetapi bekerja di rumah sakit luar Jakarta.

Dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya menjadi kunci penanganan wabah Corona tersebut. Namun jumlahnya belum seimbang dengan kebutuhan.

Seluruh tenaga kesehatan yang ada di Indonesia berjibaku dan berpacu dengan waktu, untuk bisa menangani para pasien COVID-19.

Selain pemerintah pusat, sejumlah pemerintah daerah membuka lebar-lebar sukarelawan dokter dan perawat atau tenaga kesehatan dalam mengerem pandemik COVID-19 ini. Rumah sakit rujukan Covid-19 pun membuka diri menerima bantuan pengiriman tenaga kesehatan dari rumah sakit lain.

Salah-satu rumah sakit yang ditunjuk dan menjadi rujukan pelayanan kepada pasien yang terjangkit Covid-19 ialah Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso.

Dengan semakin banyaknya kasus Covid-19 yang bertambah setiap hari nya maka jumlah pasien di RSPI Sulianti Saroso pun makin bertambah.

Dalam upaya menjaga kualitas pelayanan dan upaya memperluas pelayanan serta menambah daya tampung layanan Covid 19 membutuhkan tenaga kesehatan baik dokter spesialis dan perawat. Kebutuhan tenaga kesehatan yaitu dua orang doktes spesialis paru, satu orang dokter spesialis anak dan lima belas orang perawat.

Untuk itu RSPI Sulianti saroso mengajak kerjasama melawan Covid-19 kepada Rumah Sakit Vertikal dibawah naungan Kementerian Kesehatan RI untuk mengirimkan tenaga kesehatan dalam membantu memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19 yang makin bertambah setiap harinya.

Bagi tenaga kesehatan yang diperbantukan di RSPI Sulianti Saroso akan mendapatkan fasilitas penginapan, makan tiga kali sehari dan antar jemput dari RSPI Sulianti Saroso ke tempat penginapan.

Atas dasar tersebut RSKO Jakarta mengirimkan tenaga kesehatan (Nakes) sebanyak 3 (tiga) Perawat untuk mengabdi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso. Pengiriman 3 orang perawat ini merupakan wujud kerjasama antara RSKO Jakarta dan RSPI Sulianti Saroso bersama melawan Covid-19.

Pengiriman 3 orang Nakes ini merupakan gelombang pertama dari RSKO Jakarta. Adapun 3 Perawat tersebut Herry Sasmito Aji, Terays Indriasti, Bunga Puteri Permata Sari yang bertugas dilayanan Rawat Inap Komplikasi dan Rawat Inap Napza.

Ketiga perawat diantarkan langsung dari RSKO Jakarta ke RSPI Sulianti Saroso oleh Dirut RSKO Jakarta, dr.Azhar Jaya, SKM, MARS pada hari Kamis, 2 April 2020.

Perwakilan dari RSKO Jakarta diterima langsung oleh Direksi dan Manajemen RSPI Sulianti Saroso. Bahkan pihak RSPI Sulianti Saroso tidak menyangka Direktur Utama RSKO Jakarta, dr.Azhar Jaya, SKM, MARS berani datang ke rumah sakit khusus penanganan infeksius dimana saat ini sedang menangani pasien Covid-19.

Direksi dan keluarga besar RSKO Jakarta berharap Nakes yang ditugaskan untuk mengabdi di RSPI Sulianti Saroso dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien Covid-19. Kami mendoakan selama masa pengabdian melayani pasien Covid-19 diberikan kesehatan jiwa dan raga.

Kerjasama antara RSKO Jakarta dan RSPI Sulianti Saroso memberikan bukti bahwa antar rumah sakit vertikal Kemenkes RI saling memberi dukungan di masa pandemi Covid-19 ini.

RSKO Jakarta sebagai rumah sakit khusus ketergantungan obat juga turut memberikan peran dalam penanganan dan edukasi mengenai Covid-19.

Laporan : Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880