• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Public Health Study Tour RSKO Jakarta, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia


Deskripsi : Kunjungan FKM UI bertajuk Public Health Study Tour I Sumber Foto : dokpri RSKO

[Jakarta] - Sebagai One Stop Service bidang NAPZA, RSKO Jakarta tidak hanya memberikan layanan medis, penunjang medis dan psikososial kepada para pengguna narkoba juga memberikan layanan diklat dan diklit bagi akademisi dan masyarakat umum.

Pada kamis, 12 Desember 2019, sehubungan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI berkerja sama dengan The Australian Consorsium for'in-Country' Indonesian Studies (ACICIS) akan mengadakan kegiatan Public Health Study Tour (PHST) 2019.

PHST merupakan program pembelajaran kesehatan masyarakat di Indonesia bagi mahasiswa Australia yang diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari beberapa universitas di Australia.

Adapun jumlah peserta kunjungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI berkerja sama dengan The Australian Consorsium for 'in-Country' Indonesian Studies (ACICIS) sebanyak 15 peserta dan  11 pendamping. Para peserta dan pendamping akan memperoleh pengenalan profil RSKO Jakarta, paparan menyangkut NAPZA dan layanan medis & rehabilitasi kepada pecandu narkoba, hospital tour ke Unit Rehabilitasi NAPZA dan berdiskusi dengan resident (pasien).

Deskripsi : Dadun, PhD, fasilitator dari FKM UI mendampingi peserta kunjungan I Sumber Foto : dokpri RSKO

Sekretaris Eksekutif Pusat Penelitian Kesehatan, Dadun, M.Kes, PhD, sebagai fasilitator dari FKM UI saat mendampingi para mahasiswa di ruang sessi Unit Rehabilitasi Napza RSKO Jakarta berucap "Kami sangat mengapresiasi atas diterima nya Kami di RSKO Jakarta dan dapat berkunjung melihat fasilitas untuk kali kedua. Kami ingin belajar banyak, karena RSKO Jakarta merupakan rumah sakit khusus dan satu-satu nya di Indonesia yang menangani bidang Napza" Ucapnya di ruang sessi Unit Rehabilitasi Narkoba RSKO Jakarta (27/8/2019).

Lanjut nya bahwa tujuan FKM UI & ACICIS berkunjung ke RSKO Jakarta agar mahasiswa dapat melihat utilitas yang ada, khususnya yang dimiliki oleh Indonesia terkait layanan ketergantungan obat / adiksi dengan pendekatan hospital base, sehingga mereka mereka mendapatkan pengetahuan.

Deskripsi : Kasie Pelayanan Medik, dr.Budi Rahardjo M.Epid I Sumber Foto : dokpri

Kasie Pelayanan Medik, dr.Budi Rahardjo M.Epid, mewakili Dirut RSKO Jakarta dalam kata sambutan menyampaikan "Terima kasih atas kedatangan ke RSKO Jakarta, sebuah kehormatan & kebanggaan mendapat kunjungan dari tamu-tamu dari Australia dan Negara lainnya. Ini kerjasama / kunjungan ke 2 antar RSKO Jakarta dengan FKM UI dan ACICIS, kami menerima dengan tangan terbuka dan semoga dapat mengambil manfaat dari kunjungan ini".

Dr.Budi memberikan informasi mengenai sejarah RSKO Jakarta. Rumah sakit ini digagas pendiriannya oleh Bapak H. Ali Sadikin (alm) mantan Gubernur DKI Jakarta. Secara resmi RSKO Jakarta mulai beroperasi pada tanggal 12 April 1972.

Tambahnya, RSKO Jakarta hadir sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat luas akan adanya rumah sakit pemerintah yang secara khusus memberikan layanan kesehatan di bidang gangguan penyalahgunaan NAPZA (Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya).

Lanjutnya RSKO Jakarta dalam upaya menambah kapasitas layanannya kemudian mendirikan bangunan baru di Cibubur, Jakarta Timur pada tahun 2002.

Beliau memberikan pemahaman kepada peserta kunjungan bahwa RSKO Jakarta bahwa berapa lama pasien berada diruang pelayanan rehabilitasi tergantung kondisi medis dan status hukumnya.

Bila pasien datang dengan statusnya sukarela (atas permintaan sendiri / keluarga) yang bukan karena masalah hukum, pasien mendapatkan layanan perawatan sekitar 3 s/d 6 bulan atau tergantung hasil evaluasi medis. Sedangkan dengan status hukum tergantung dari putusan hukum nya walaupun pasien telah melalui masa perawatan 3 s/d 6 bulan.

Setelah diskusi, peserta kunjungan diajak melihat pelayanan di Unit Rehabilitasi RSKO Jakarta. Beberapa lokasi menjadi bahan pelajaran bagi peserta kunjungan baik fasilitas olahraga, main hall, ruang belajar, rumah rehabilitasi, dll. Mereka terlihat sangat tertarik atas layanan penyalahgunaan obat di Rawat Inap RSKO Jakarta.

Dengan hospital tour, peserta kunjungan mendapatkan pengetahuan dalam memberikan pelayanan kepada pasien pecandu narkoba. Selain itu mereka dapat melihat fasilitas dan sarana prasarana di rehablitasi RSKO Jakarta.

____________________

Mari selamatkan generasi, Salam hangat RSKO Jakarta

Twitter (DI SINI) Instagram (DI SINI) Facebook (DI SINI) Web (DI SINI )

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880