• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Pentingkah? Dharma Wanita RSKO Jakarta Berbuat

Deskripsi : ketua Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta, Ibu Sri Hartanti Azhar menyampaikan pentingnya pemeriksaan dini I Sumber : RSKO Jakarta

RSKO Jakarta (10/12/2019) - Dalam rangka menyambut Hari Dharma Wanita ke 20 (7 Desember) dan Hari Ibu (22 Desember), Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta menyelenggarakan berbagai acara baik berupa penyuluhan, kegiatan deteksi dini test IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) maupun SADANIS (periksa payudara klinis), selasa 10 Desember 2019 di RSKO Jakarta.

Dalam kata sambutannya sekaligus narasumber penyuluhan, ketua Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta, dr.Sri Hartanti Azhar menyampaikan "Sesuai dengan tema Hari Ibu 'Perempuan Berdaya Indonesia maju' dan Hari Dharma Wanita' untuk mencapai Perumpuan Berdaya diperlukan kesehatan yang optimal. Bila perempuan tidak sehat maka perempuan tidak berdaya"

Tambah Ibu Sri Hartanti bahwa para perempuan Indonesia sebaiknya patut mengetahui bahwa kanker serviks merupakan penyebab kematian perempuan nomor 1 di Indonesia sedangkan di dunia nomor 2. Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta ikut terlibat sebagai bagian dalam upaya menurunkan angka kematian akibat penyakit tersebut.

Deskripsi : ketua Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta, Ibu Sri Hartanti Azhar menyampaikan Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta siap menjadi fasilitator I Sumber : RSKO Jakarta

Lanjut nya Dharma Wanita siap menjadi fasilitator dan penggerak di lapangan mulai dari lingkungan RSKO Jakarta sendiri dan masyarakat luas sehingga dapat membantu mewujudkan Indonesia yang sehat. Untuk itu hari ini Dharma Wanita bersinergi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Kasudin Jakarta Barat turut serta mewujudkan perempuan Indonesia sehat dengan melakukan skrining kanker leher rahim, kanker payudara dan pengecekan gula darah.

Direktur Utama RSKO Jakarta, dr.Azhar Jaya, SKM, MARS, turut mensupport acara yang digagas Dharma Wanita persatuan RSKO Jakarta di minggu kedua desember 2019 ini. Dalam pernyataan nya didepan para peserta acara ini beliau mengungkapkan peran Dharma Wanita itu begitu penting.

Bapak Azhar mencontohkan bila istri ASN sakit dapat membuat kehidupan Rumah Tangga repot. Baginya kesehatan ibu / istri menjadi hal yang utama dan tentunya patut diperhatikan. Apresiasi Dirut RSKO Jakarta bagi acara Dharma Wanita kali ini yang melaksanakan pemeriksaan paling penting bagi perempuan yaitu test IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) maupun SADANIS (periksa payudara klinis).

Menurut Dirut RSKO Jakarta organ kewanitaan ini begitu penting bagi perempuan dan suami. Apabila organ tersebut terjaga dengan baik maka perempuan dapat hidup sehat dan lebih baik. Dengan kedua pemeriksaan ini bila ada sesuatu yang mencurigakan, maka sebelum terlambat kita dapat melakukan langkah-langkah promotif dan preventif.

Bahkan beliau secara tegas menyatakan bila dalam pemeriksaan kesehatan hari ini ada yang terindikasi sakit maka RSKO Jakarta akan merujuk ke RS.Dharmais agar mendapatkan pelayanan terbaik.

Deskripsi : Direktur Utama RSKO Jakarta, dr.Azhar Jaya, SKM, MARS mendukung Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta I Sumber Foto : RSKO Jakarta

Tambahnya RSKO Jakarta merupakan tempat yang berisiko karena melayani pasien HIV AIDS dan menular lainnya. Untuk itu di RSKO Jakarta mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja bagi petugas menjadi nomor satu.

Pemeriksaan ini penting bagi ibu-ibu Dharma Wanita karena dengan melakukan pemeriksaan ini berarti melakukan deteksi awal kesehatan.

Acara yang dilaksanakan merupakan bagian dalam upaya menurunkan angka kematian akibat penyakit tersebut, Dharma Wanita siap menjadi fasilitator dan penggerak dilapangan mulai dari lingkungan RSKO Jakarta dan masyarakat luas sehingga mewujudkan Indonesia yang sehat.

Deteksi dini sangat diperlukan agar penyakit dapat segera diketahui dan ditangani dengan cepat untuk mencegah keparahan yang lebih lanjut. Sebagaimana diketahui, kanker serviks merupakan pembunuh nomor 1 pada wanita di Indonesia.

Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI menghimbau seluruh satuan kerja untuk dapat membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Dalam hal ini pihak Dharma Wanita RSKO Jakarta mengajak para wanita, khususnya kepada para pegawai dan sejumlah masyarakat sekitar agar ikut serta dalam pemeriksaan tes IVA untuk mendeteksi kanker mulut rahim dan pemeriksaan SADANIS untuk mendeteksi kanker payudara.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya bagi peserta mulai pada pukul 09.00 sampai 13.00 WIB. Para pegawai dan istri pegawai begitu antusias untuk turut serta dalam pemeriksaan. Jumlah peserta yang mendaftarkan diri pada tanggal 10 Desember 2019 yaitu sebanyak 78 orang.

Salah seorang peserta yang telah menjalani tes IVA mengungkapkan bahw tes ini sangat membantu agar mengingatkan dirinya untuk rutin memeriksakan kesehatannya. Tes ini pun mudah dilakukan dan murah bahkan tidak dipungut biaya, sehingga sangat membantu sebagai skrining awal untuk menentukan pemeriksaan selanjutnya.

Peserta tersebut mengharapkan agar pemeriksaan seperti ini, dan penyuluhannya sebagai media informasi kepada masyarakat, rutin dilakukan di RSKO Jakarta.

Deskripsi : Keterampilan tangan bertajuk workshop jari cantik yang dibimbing oleh ibu Mila Virminia perwakilan dari Dharma Wanita PPSDM Kemenkes RI I Sumber Foto : dokpri RSKO Jakarta

Kegiatan yang diselenggarakan di lantai 2 (dua) ruang konfrensi dan poli rehabilitasi medik plus fisioterapi juga melaksanakan upaya pemberdayaan wanita dengan keterampilan tangan bertajuk workshop jari cantik yang dibimbing oleh ibu Mila Virminia perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan PPSDM Kemenkes RI.

Deskripsi : Totok wajah bagian dari kegiatan yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan RSKO Jakarta I Sumber Foto : dokpri RSKO Jakarta

Selain mendapatkan keterampilan tangan turut dihadirkan layanan totok wajah linahoz Beauty. Totok wajah bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan stimulasi otot yang berguna untuk mengencangkan kulit.

Dharma Wanita merupakan mitra bagi para suami yang berkerja di RSKO Jakarta. Dharma wanita merupakan istri ASN, TNI / POLRI, purnawirawan TNI / POLRI yang ditugaskan di instansi pemerintahan sipil.

__________________________________________________________

Salam Hangat RSKO Jakarta

Jl.Lapangan Tembak no.75, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur

telp : (021) 87711968 / 69 , email : rskojakarta@yahoo.co.id
Facebook (DISINI) - Twitter ( DISINI) - Instagram (DISINI) - Web (DISINI)

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880