• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Persyaratan Umum dan Kesehatan Penerimaan CPNS 2019

Deskripsi : Masih banyak masyarakat yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) I Sumber Foto : dokpri

Pendaftaran CPNS 2019 telah dibuka sejak, Senin (11/11/2019). Bagi peminat CPNS 2019 harus melalui proses pendaftaran secara daring (online) melalui situs https://sscasn.bkn.go.id/

Pada tahun ini, pemerintah membuka 197.111 formasi yang terdiri dari instansi pusat sebanyak 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan instansi daerah 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Seleksi pengadaan PNS terdiri atas tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan antara persyaratan administrasi dengan dokumen pelamaran yang disampaikan oleh pelamar.

Deskripsi : Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 I Sumber Foto : kemenkes RI

Pertama kali yang harus dilakukan oleh calon pendaftar CPNS terlebih dahulu menyiapkan dokumen dan persyaratan. Adapun dokumen-dokumen yang perlu disiapkan sebelum mengupload di portal SSCASN antara lain adalah:

  1. Pas Foto berwarna berlatar belakang merah
  2. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun
  3. KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  4. Ijazah
  5. Transkrip nilai
  6. Surat lamaran
  7. Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan sesuai Instansi/Kementerian/Badan/Lembaga yang diminati

Setelah itu pendaftar harus memahami tata cara pendaftaran di halaman resmi SSCASN. Adapun alur pendaftaran CPNS 2019 pada halaman resmi http://sscasn.bkn.go.id/ dengan melakukan validasi data kependudukan. Berikut alurnya:

  1. Pelamar membuat akun pada laman SSCASN BKN dengan cara ; Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK), Melengkapi biodata dan kolom isian lainnya, Mengunggah pasfoto dengan latar belakang warnah merah ukuran 4x6 dalam format JPG, dan Mencetak Kartu Informasi Akun
  2. Pelamar melakukan log in ke https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Pelamar mengunggah swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  4. Pelamar melengkapi data diri
  5. Pelamar memilih instansi yang akan didaftari dengan memilih jenis formasi, jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi formasi, lokasi tes, serta data lain yang harus dilengkapi.
  6. Pelamar mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam instansi dan formasi yang dipilih
  7. Pelamar memastikan bahwa dokumen yang diunggah dapat terbaca. Kesalahan dalam pengunggahan dokumen dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.
  8. Pelamar menyimpan data yang telah diperiksa pada "Form Resume" dan memastikan bahwa data tersebut telah terisi secara lengkap dan benar
  9. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.

Setelah segala proses tahapan seleksi yang dilewati oleh pendaftar CPNS maka ada dokumen lain yang harus dilengkapi. Bila melihat tahun 2018 terdapat rangkaian test kesehatan dan kebugaran yang harus dijalankan dan dipenuhi. 

"Kedudukan dan peran ASN adalah penting, karena unsur Aparatur Negara perlu dijamin dan dipelihara kesehatan jasmani dan rohani. ASN diharapkan dapat melaksanakan tugas nya dengan maksimal. Pemeriksaan kesehatan diperlukan menjelang pemeriksaan CPNS untuk mengetahui risiko penyakit terutama penyakit kronis. Dalam menjalankan tugas nya ASN membutuhkan tubuh yang bugar dan sehat " ungkap Kepala Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta, drg.Bagus Ario Wibowo, MM

Dilansir dari Tribun (DI SINI) dalam penerimaan CPNS tahun lalu (2018), terdapat sederet tes kesehatan dan kebugaran yang harus dilewati CPNS setelah lolos seleksi adminsitasi. Untuk pemeriksaan fisik dokter akan dilakukan pemeriksaan, antara lain :

  • Bentuk kepala
  • Bentuk kaki (normal, X, atau O)
  • Bentuk telapak  kaki
  • Varikokel
  • Varises
  • Ambeien
  • THT (telinga,hidung,dan tenggorokan)
  • Pengecekan tekanan darah (normal,darah rendah, atau darah tinggi).
  • Tes nadi (per menit)
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Tes kesehatan mata

Berikutnya untuk pemeriksaan kesehatan akan meliputi :

1. Pemeriksaan Foto Thoraks

2. Pemeriksaan rekam jantung istirahat/elektrokardiografi 

3. Pemeriksaan Kesehatan Jiwa

  • Pengisian lembar jawaban Keswa (LJK)
  • Scanning LJK
  • Interpretasi hasil keswa

4. Pemeriksaan Laboratorium

  • Urine, meliputi : Kejernihan, Berat jenis (BJ), Tingkat keasaman, Leukosit, Nitrit, Protein, Reduksi, Urobilinogen, Keton, Bilirubin, Eritrosit dan Sedimen. 
  • Darah,meliputi : Hemoglobin, Leukosi, Eritrosit, Trombosit, Hematokrit, Laju endap darah dan Hitung Jenis. 
  • Kimia darah, meliputi : Serum glutamat piruvate transaminase (SGPT) dan Gula darah puasa

5. Pemeriksaan Tambahan (plus) meliputi :

  • Narkotika dan obat-obatan (narkoba), meliputi :  morfin,THC, amfetamin, metamfetamin, dan benzodiazepine
  • Imunoserologis meliputi hepatitis B serum antigen (HBsAg), anti HIC, dan VDRL
  • Kimia darah, meliputi kolesterol total dan kreatinin

Syarat kesehatan pendaftaran CPNS 2019 tersebut dapat dilaksanakan di fasilitas kesehatan, salah-satunya di RSKO Jakarta. One Stop Service bidang NAPZA / Narkoba di Indonesia ini dapat memberikan pelayanan Surat Kesehatan dan Lab Rutin, Surat Keterangan Sehat Jiwa, Surat Keterangan Buta Warna, Surat Keterangan Tidak Bertatto dan Bertindik, Surat Keterangan Tidak Hamil, dan Paket Pemeriksaan NAPZA 5 Zat.

___________________________________

Mari selamatkan generasi, Salam hangat RSKO Jakarta

Twitter (DI SINI) Instagram (DI SINI) Facebook (DI SINI) Web (DI SINI )

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880