• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

RSKO Jakarta Menyelenggarakan Pitstop Demi Pelayanan Terbaik Sesuai SNARS



RSKO Jakarta kali kedua menyelenggarakan Pitstop SNARS ed.1.0 untuk menjaga kualitas layanan kesehatan sesuai Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS).

Kegiatan sosialisasi SNARS ini bertajuk Pit Stop Akreditasi yang diikuti oleh seluruh pegawai RSKO Jakarta baik itu ASN, pegawai dengan perjanjian kerja,dan  outsourcing (security & cleaning service).

Pit Stop Akreditasi memberikan edukasi (learning by doing) agar seluruh pegawai dapat mempraktekkan dalam memberikan layanan kepada pasien/pengunjung/masyarakat sehari-hari.

Hari terakhir pelaksanaan Pitstop SNARS ed.1.0 bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 2 oktober 2019. Adapun Pitstop SNARS RSKO Jakarta diselenggarakan pada 30 september, 1 dan 2 oktober 2019 di ruang konfrensi lantai 2, ruang rapat direktur lantai 3, dan ruang kendaraan.

Deskripsi : Pitstop SNARS di RSKO Jakarta I Sumber Foto : dokpri

Demi memenuhi anjuran Pemerintah maka seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan Pitstop ini diharapkan mengenakan pakaian batik. Batik merupakan identitas bangsa jadi merupakan kebanggaan bagi pegawai dilingkungan RSKO Jakarta mengenakannya di Hari Batik Nasional ini.

Pitstop diharapkan menjaga kualitas layanan dan fasilitas pelayanan public dibidang kesehatan seperti RSKO Jakarta sebelum dilaksanakan penilaian SNARS ed.1.0 .

SNARS sendiri merupakan evaluasi yang diperlukan agar kualitas fasilitas terkait dapat selalu dipertahankan dan juga ditingkatkan. Bagi institusi Rumah Sakit (RS), evaluasi tersebut dilakukan melalui proses penilaian Akreditasi RS ang saat ini bernama SNARS.

SNARS dilaksanakan untuk menilai kepatuhan rumah sakit terhadap standar akreditasi yang ditetapkan untuk menjaga kualitas layanan dari sebuah RS.

Pada awal Januari 2018, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sudah memberikan ketentuan baru yang perlu diterapkan bagi seluruh RS yaitu Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Standar ini agar rumah sakit mampu menyesuaikan kinerjanya dengan ketetapan yang baru.

Kegiatan sosialisasi SNARS yang bertajuk Pit Stop Akreditasi memberikan edukasi (learning by doing) agar seluruh pegawai dapat mempraktekkan dalam memberikan layanan kepada pasien/pengunjung/masyarakat sehari-hari.

Kepala Instalasi Humas dan PKRS, drg.Bagus Ario Wibowo, MM menyampaikan "Seluruh rumah sakit termasuk RSKO Jakarta harus terakreditasi. Untuk itu RSKO Jakarta menyelenggarakan sosialisasi ini agar para Jajaran Direksi, Pejabat Struktural, Manager Non Struktural,Tenaga Medis, Paramedis, Penunjang, Administratif, Front Liner dapat berkerja sesuai SNARS" ujarnya saat Pitstop SNARS pertama kamis (15/8/2019).

Pit Stop yang diselenggarakan ini adalah bentuk sosialisasi bagi pegawai agar mereka dapat mempersiapkan diri dengan berbagai standar baru yang ditetapkan tersebut. Ini juga untuk menjamin mutu dari manajemen RS dan juga pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Pada Pitsop SNARS RSKO Jakarta di bulan Agustus ada 5 aspek yang sosialisasikan dalam Pit Stop Akreditasi yaitu Bantuan Hidup dasar (BHD) dan Code Blue, Hand Hygiene + Etika Batuk + Spil Kit, Code Red, Sasaran Keselamatan Pasien dan Indikator RS, Alur Pasien Masuk, Visi Misi + MARS + Jingle RSKO, dan Program Nasional.

Sedangkan Pitstop SNARS RSKO Jakarta yang diselenggrakan di pada akhir September dan awal oktober 2019 ini mensosialisasikan Program Nasional (Ibu Anak, TB, HIV/AIDS, PPRA, Geriatri), Alur Pasiwn, Alur HPK, Standar Keselamatan Pasien, Bantuan Hidup Dasar, simulasi etika batuk, kebersihan tangan, spilkit, simulasi Code Red dan Code Blue.

Penilaian SNARS nantinya akan menilai mulai dari fungsi Direksi hingga pengelolaan harian dari kegiatan yang ada di RS. Sedangkan dari aspek layanan dinilai dari bagaimana tenaga medis memberikan pelayanan kepada pasien.

Hal-hal tersebut akan dinilai dari dokumen-dokumen rekam medis yang dimiliki RS terkait, dan untuk mempertanggungjawabkan kebenaran dokumen tersebut akan dilakukan pembuktian.

Surviyor (penilai) dapat melakukan wawancara kepada petugas medis, mengenai apakah pelaksanaan medis yang dilakukan sudah sesuai prosedur atau belum. Pembuktian tersebut juga dapat ditelusuri hingga kepada pasien.

Harapannya dengan adanya Pit Stop Akreditasi ini, kualitas layanan dari RSKO Jakarta dapat di standarisasi. Kalau bisa semuanya paripurna, baik dari segi manajemen RS hingga pelayanan kepada pasien.

___________________________

Salam Hangat RSKO Jakarta

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880