• rskojakarta@yahoo.co.id
Call Center RSKO pada jam kerja : 021 -87711968
News Photo

Rangkaian Kegiatan Menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2021 yang Diselenggarakan di RSKO Jakarta

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta merupakan rumah sakit dibawah naungan Kementerian Kesehatan RI yang mendapat tugas sebagai unit pelayanan teknis khusus penanganan ketergantungan NAPZA.

Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS), RSKO Jakarta menggelar berbagai rangkaian kegiatan baik untuk internal maupun eksternal rumah sakit.

Puncak acara peringatan HKJS dilaksanakan pada hari jumat 13 Oktober 2021 di ruang konfrensi lantai 2 Gedung A RSKO Jakarta dengan tema besar “Kesetaraan Dalam Pelayanan Rehabilitasi Adiksi” sesuai dengan tema Kemenkes RI “Kesetaraan dalam kesehatan Jiwa untuk Semua”.

Peringatan HKJS RSKO Jakarta dihadiri oleh Plt.Direktur RSKO Jakarta, dr.R.Soeko W Nindito D., MARS yang didampingi oleh Direktur Medik dan Keperawatan, drg. Rita Monzona, MARS dan Direktur Keuangan dan Administrasi Umum, Deni Tetteng, SE, MM serta Ketua Panitia HKJS dan HKN RSKO Jakarta, dr.Budi Raharjo, M.Epid.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]-->

Plt.Direktur RSKO Jakarta dalam kata sambutan “Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian HKJS untuk melatih dan mengasah kembali bakat kreatifitas dan daya nalar yang dimiliki oleh pasien sehingga nantinya setelah pulih, mereka bisa kembali berinteraksi, mandiri dan berdaya guna dalam kehidupan bermasyarakat ” ungkap dr.R.Soeko W Nindito D., MARS di ruang konfrensi, lantai 2, RSKO Jakarta (13/10/2021).

Tambah dr.Soeko, bahwa RSKO Jakarta merupakan rumah sakit khusus yang memberikan pelayanan rehabilitasi bagi pengguna NAPZA yang memiliki hubungan dengan kesehatan jiwa. Tetapi ini bukan hanya tugas RSKO Jakarta saja, pentingnya keterlibatan kita semua, untuk itu RSKO Jakarta mngedukasi masyarakat melalui podcast / talkshow.

Rangkaian acara yang sederhana ini mematuhi Prokes 5M yang berlangsung mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB, Sabtu (3/07/2021), di Ruang Konfrensi, RSKO Jakarta.

Dalam menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) RSKO Jakarta mengadakan berbagai kegiatan baik untuk pasien, masyarakat umum maupun civitas hospitalia RSKO Jakarta.

RSKO Jakarta sebagai fasilitas kesehatan dalam kegiatan HKJS ini melaksanakan pelayanan pemeriksaan CD4 gratis bagi pasien Poliklinik Rawat Jalan PTRM (Pelayanan Terapi Rumatan Methadone) dan PTRB (Pelayanan Terapi Rumatan Buprenorfin) sebanyak 40 pasien.

Kegiatan pemeriksaan gratis CD4 tersebut diselenggarakan pada tanggal 29 September s/d 5 Oktober 2021 yang melibatkan tenaga kesehatan di RSKO Jakarta.

Dilanjutkan dengan donor darah bagi masyarakat umum, pegawai & keluarga RSKO Jakarta yang dilaksanakan pada Jumat, 1 Oktober 2021, di ruang konfrensi lantai 2 RSKO Jakarta. Donor darah  menghadirkan pendonor sebanyak 147 orang.

Tidak hanya itu saja, RSKO Jakarta melaksanakan kegiatan lomba kreativitas pasien rehabilitasi rawat inap pada tanggal 30 September 2021 dan 7 Oktober 2021 dengan jumlah total peserta sebanyak 23 peserta.

Lomba kreativitas terdiri dari perlombaan menyanyi, stand up comedy, fashion show dan menari yang diikuti oleh pasien Unit Rehabilitasi NAPZA.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]-->

Puncak acara HKJS menggelar podcast / talkshow dengan topik “Kesetaraan Dalam Pelayanan Rehabilitasi Adiksi ” bagi tenaga kesehatan dan terbuka bagi masyarakat umum.

Podcast menyambut HKJS 2021 ini diselenggarakan pada hari, Rabu, 13 Oktober 2021, pukul 14.00 s.d 15:00 WIB Live on Instagram dan Youtube Live dengan kuota 500 Pemirsa.

Talkshow bergaya podcast  tersebut menghadirkan narasumber Plt.Direktur RSKO Jakarta, dr.R.Soeko W Nindito D., MARS yang didampingi, dr.Carlamia H. Lusikooy. Sp.KJ (K), SH dan Chandra Adi Wibowo, dengan host dr.Budi Raharjo, M.Epid dan dr. Angelia Fricillia Hambuwun, MARS.

Ketua Panitia Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional RSKO Jakarta, dr.Budi Raharjo, M.Epid menyampaikan "Dengan peringatan HKJS 2021 ini semoga kedepannya kita dapat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kepedulian, meninggalkan stigma dan diskriminasi terhadap pasien NAPZA" ucapnya di di ruang konfrensi, lantai 2, RSKO Jakarta (13/10/2021).

_

Editorial : Tim Publikasi dan Dokumentasi HKJS RSKO Jakarta

Laporan Subbag Hukormas RSKO Jakarta

 

Share This News