• rskojakarta@yahoo.co.id
Customer Service RSKO Pada Hari Kerja Jam 7.30 sd 16.00 WIB : 0813-1871-8880
News Photo

Menggapai Mimpi, Meraih Prestasi Tanpa Narkoba, Webinar Kesehatan Mengajak Masyarakat Umum Kenal NAPZA

Judul : Menggapai Mimpi, Meraih Prestasi Tanpa Narkoba, Webinar Kesehatan Mengajak Masyarakat Umum Kenal NAPZA

Penulis           : Andri Mastiyanto, SKM ( Penyuluh Kesehatan RSKO Jakarta)

RSKO Jakarta menyelenggarakan kegiatan webinar bagi masyarakat umum untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dan Hari Ulang Tahun (HUT) RSKO Jakarta ke 49 di tahun 2021.

Webinar kali ini merupakan seminar kesehatan dengan mengusung tema “Menggapai Mimpi, Meraih Prestasi Tanpa Narkoba”.

Pelaksanaan webinar bagi masyarakat umum memberikan semangat baru di masa pandemi covid-19, sesuai  dengan tema HUT RSKO Jakarta yaitu Living a Life without Drug (Narkoba).

Webinar dilaksanakan pada hari, rabu, 30 Juni 2021 pada pukul 09.30 s/d 12.00 WIB. Adapun tujuan diadakannya webinar ini sebagai bentuk keterlibatan RSKO Jakarta untuk mengedukasi masyarakat, bagaimana hidup sehat dan berprestasi tanpa NAPZA.

Edukasi mengenai hidup sehat tanpa NAPZA bagi masyarakat umum sangat penting. Untuk itu Menggapai Mimpi, Meraih Prestasi Tanpa Narkoba dijadikan tema webinar kali ini ”, ucap drg.Imelda Kusumaningrum selaku Ketua Panitia HUT RSKO Jakarta ke 49.

Kegiatan webinar ini dilaksanakan dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidang nya masing-masing dengan tujuan untuk menarik minat, menumbuhkan ide, dan membangkitkan semangat bagi peserta terutama bagi Masyarakat Umum yang menjadi sasaran peserta webinar.

Key Note Speaker, Plt Dirut RSKO Jakarta, dr.R.Soeko W Nindito D., MARS dalam kata sambutan menyampaikan “forum webinar ini diselenggarakan untuk menyambut HANI dan HUT RSKO Jakarta ke 49. RSKO Jakarta adalah rumah sakit milik Kemenkes RI yang mendapatkan tugas khusus memberikan layanan rehabilitasi NAPZA, dan mengawal proses rehabilitasi di seluruh Indonesia

Tambah dr.Soeko,bencana pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan perubahan kebiasaan / perilaku untuk beradaptasi. Kegiatan sosial masyarakat berubah menjadi serba online dan banyak tinggal di rumah sehingga mengurangi interaksi sosial secara langsung.

Demikian pula halnya dengan sistem pendidikan di Indonesia yang terjadi perubahan dimana sebelumnya tatap muka saat ini dilaksanakan dengan metode daring atau melalui web. Tidak semua siswa mampu beradaptasi untuk belajar secara online.

Lanjutnya, untuk itu keluarga dan pendidik harus jeli terhadap perubahan prilaku, salah-satu tanda-tanda penyalahgunaan Napza.

Webinar bagi Masyarakat Umum ini menghadirkan nara sumber dr.Vivi Octavia Lubis, Sp.KJ (Trend Penyalahgunaan NAPZA Pada Generasi Muda), Dr.Imelda Indiriani, Sp.KJ (K) (Deteksi Dini dan Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA), Dian Fatmawati, M.Psi, Psikolog (Membangun Resiliensi Generasi Muda Dalam Mencegah Penyalahgunaan NAPZA).

Peserta webinar bagi masyarakat umum diikuti oleh seluruh pegawai RSKO Jakarta dan ratusan peserta dari masyarakat umum yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan Youtube Live.

Peserta Webinar  dapat dikatakan terlibat dalam menggelorakan peringatan HANI 2021 dan HUT RSKO Jakarta. Ini merupakan kegiatan positif dalam mewujudkan Indonesia Berprestasi Tanpa Narkoba (NAPZA).

Melihat besaran masalah penyalahgunaan NAPZA, RSKO Jakarta sangat fokus pada pelayanan unggulannya, dan  terus mengembangkan bidang pelayanan penyalahgunaan NAPZA.

Dengan perkembangan keilmuan dibidang adiksi, RSKO Jakarta diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan NAPZA khususnya di Indonesia.

Salah satu cara pengembangan ilmu pengetahuan adalah melalui penyelenggaraan pertemuan ilmiah, maka RSKO Jakarta mengadakan sebuah seminar secara online bersifat nasional terkait dengan adiksi NAPZA.

----

Editorial         : drg.Imelda Kusumaningrum

Laporan Subbag Hukormas RSKO Jakarta

 

 

 

Share This News