• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Rahasia Langsing Pasien Rehabilitasi Narkoba Menjaga Berat Badan

Hidup di rumah rehabilitasi narkoba seperti di RSKO Jakarta tentunya tidak diinginkan oleh banyak orang. Tetapi ketika seseorang adiksi terhadap zat haram narkoba mau tidak mau harus di rehabilitasi narkoba.

Bagaimana Rahasia Pasien Rehabilitasi Narkoba terjaga berat badannya ? pastinya banyak pertanyaan keluarga/kerabat, kenapa bila diwaktu visit keluarga para pasien rehabilitasi narkoba terlihat banyak yang memiliki bobot tubuh ideal (terkecuali datang dengan berat badan lebih).

Aktifitas fisik, edukasi kesehatan, dan pengaturan asupan makanan sesuai dengan aturan isi piring ku diberlakukan di RSKO Jakarta kepada seluruh pasien tanpa terkecuali.

Bagaimanakah aktivitas fisik agar berat badan ideal pasien rehabilitasi narkoba terjaga ?

 

Aktivitas Fisik Membersihkan Kamar

Saat para pasien menjadi pecandu narkoba, kehidupan mereka tidak terjadwal bahkan cenderung berantakan. Ketika mereka berada di rumah rehabilitasi narkoba diajarkan untuk hidup lebih teratur.

Selain itu mereka diajarkan untuk hidup sehat dan memperhatikan kebersihan lingkungan. Banyak dari pecandu narkoba yang tidak memperhatikan kebersihan rumah bahkan di kamar mereka sendiri. Bagi masyarakat umum menyebutnya ‘jorok’.

Saat bangun tidur, para pasien diwajibkan melaksanakan aktivitas membersihkan kamar mereka sendiri. Aktivitas ini dengan menyapu, mengepel, membersihkan horden + kaca jendela + lemari + bedside cabinet + fasilitas lainnya dikamar termasuk tempat perlengkapan mandi harus kering.

Aktivitas rutin ini seperti olahraga pagi dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh sehingga menjaga bobot tubuh ideal.

Setiap pukul tujuh pagi para staff yang bertugas melaksanakan attitude room run (mengontrol kebersihan kamar).  Bila ada kamar yang kurang bersih ini akan menjadi catatan hari ini bagi pasien yang berada di kamar tersebut.

Pembelajaran akan diberikan petugas bagi pasien diruangan tersebut. Hal tersebut diberikan agar mereka sadar kebersihan kamar akan memberikan kehidupan lebih baik pada hari berjalan, dan hari-hari selanjutnya, serta dapat tercegah dari terserang penyakit baik menular maupun tidak menular.

Namun kewajiban membersihkan kamar ini tidak berlaku bagi pasien bangsal Spesial Program. Pasien dari bangsal Special program merupakan pasien yang berkebutuhan khusus yaitu pasien berumur / lansia, dual diagnosis, memiliki kecacatan fisik, pasien jiwa.

 

Aktivitas Fisik Membersihkan Bangsal

Bila pagi hari ada aktivitas membersihkan kamar, maka pada pukul 10.00 wib dan 17.00 wib terdapat aktivitas membersihkan bangsal. Rumah Halmahera / Halmahera House merupakan sebutan bangsal rehabiltasi napza / narkoba di RSKO Jakarta.

 Karena disebut Rumah, maka setiap pasien harus menempelkan kata ‘rumah’ dalam dirinya. Bila berada di rumah maka baik kamar, ruangan, lorong, dapur, kamar mandi menjadi kewajiban penghuni rumah untuk menjaga kebersihannya.

 Hal tersebut ditanamkan agar mereka sadar bahwa ketika mereka pulang nanti rumah yang mereka tinggali akan dijaga kebersihan, kesehatan, dan fasilitasnya.

 Pasien saat menjadi pecandu cenderung malas gerak (mager) sehingga rumah menjadi kotor, jorok bahkan berantakan. Mereka di rumah rehabilitasi narkoba diajarkan untuk memiliki sikap bertanggung jawab terhadap apa yang mereka tempati dan miliki.

 Aktivitas fisik membersihkan bangsal pun mampu menjaga berat badan ideal pasien rehabilitasi narkoba. Kegiatan ini berdurasi satu jam baik pada pukul 10.00 wib dan 17.00 wib yang dilanjutkan dengan mandi / membersihkan tubuh.

 

 Aktivitas Olahraga / Sport Activity

 Pasti jenuh rasanya bila kita berada disuatu tempat yang dikelilingi tembok pagar berbulan-bulan. Rasa bosan akan datang menghampiri. Bila tidak ada kegiatan akan dapat membuat seseorang yang berada disituasi ini akan meledak.

 Situasi diatas merupakan situasi yang dihadapi oleh pasien rehabilitasi Napza/Narkoba baik di RSKO Jakarta ataupun di rehabilitasi lainnya. Untuk mengurangi rasa bosan tersebut RSKO Jakarta memberikan jadwal berolahraga setiap hari pada pukul 16.00 wib s/d 17.00 wib.

 Selain untuk mengurangi rasa bosan, waktu olahraga dapat digunakan untuk menjaga berat badan ideal. Tidak hanya itu saja, olahraga pun dapat memberikan kesehatan tubuh bagi pasien rehabilitasi narkoba.

______________

Berat badan akan menjadi masalah tersendiri bila tidak dikelola secara baik di rumah rehabilitasi narkoba. Aktivitas fisik setiap hari di rumah rehabilitasi narkoba menjadi salah-satu tehnik yang digunakan agar berat badan ideal pasien terjaga.

Terima kasih, Salam Hangat RSKO Jakarta

Facebook (DISINI) - Twitter ( DISINI )- Instagram ( DISINI )

 

Share This News

Comment

Hotline : 0812 9515 2171