• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

RSKO Jakarta Menyelenggarakan Halal Bi Halal Online

Deskripsi : RSKO Jakarta menyelenggarakan Halal Bi Halal Online I Sumber Foto : dokpri

JAKARTA (RSKO Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo menyatakan jika masyarakat harus berdamai dan hidup berdampingan dengan Covid-19. Berdampingan itu justru kita tak menyerah, tetapi menyesuaikan diri (dengan bahaya Covid-19).

Maksud Presiden RI dalam melawan Covid-19 mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan ketat. Salah-satu protokol kesehatan itu yaitu Physical Distancing.

Bulan Ramadhan telah dijalani dan Idul Fitri telah tiba dan memasuki Bulan Syawal, setiap manusia yang beragama Islam pun menyambutnya dengan penuh suka cita di Hari Kemenangan.

Bagi masyarakat Indonesia terdapat tradisi yang tidak akan dilewatkan pasca Idul Fitri di tempat kerja yaitu menyelenggarakan Halal Bi Halal. Kegiatan ini berisiko terjadinya sentuhan antar manusia saat bersalaman.

Halal Bi Halal merupakan bentuk silahturahmi dan mempererat persaudaraan diantara pegawai Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta, hari ini (Selasa, 26/5/2020) digelar acara tradisi Halal Bi Halal yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi teleconfrence.

Tradisi Halal Bi Halal merupakan tradisi RSKO Jakarta yang dilaksanakan secara rutin dilaksanakan untuk sebagai ajang saling bersilahturahmi dan bermaaf-maafan pasca Idul Fitri.

Dalam kegiatan Halal Bi Halal online ini, susunan acara sama seperti Halal Bi Halal pada umum nya, hanya saja para hadirin berada di unit kerja masing-masing. Para pegawai menggunakan aplikasi teleconference pada saat mengikuti acara Halal Bi Halal online.

Hal ini dilakukan oleh panitia Halal Bi Halal RSKO Jakarta mengikuti saran Kementerian Kesehatan RI untuk mencegah penularan virus corona agar masyarakat tidak melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan massa (orang banyak).

Kegiatan ini tidak hanya sarana saling bersilahturahmi dan bermaafan, kegiatan hari ini juga diisi pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan Tausiyah bagi seluruh pegawai.

Deskripsi : Teleconfrence Halal Bi Halal RSKO Jakarta I Sumber Foto : dokpri

Direktur Utama (Dirut) RSKO Jakarta, dr.Azhar Jaya, SKM, MARS yang hadir pada kesempatan ini dalam kata sambutannya bahwa kegiatan Halal Bi Halal secara online ini yang digelar kiranya dapat membangun kebersamaan pasca Idul Fitri 1441 H di masa pandemi Covid-19.

Kebersamaan dan kekeluargaan yang erat tentu akan dapat mendukung kinerja dalam menghadapi tantangan amanah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di fasilitas kesehatan. RSKO Jakarta merupakan rumah sakit khusus ketergantungan obat yang menjadi harapan nasional memulihkan para pecandu narkoba / NAPZA.

Tentu nya para ASN RSKO Jakarta menghadapi banyak tantangan yang dihadapi pada masa pandemi COVID-19.

"Acara Halal Bi Halal ini merupakan pertemuan pegawai RSKO Jakarta setelah menjalankan Ibadah di Bulan Ramdhan 1441 H, maka kegiatan ini begitu penting", ungkap dr.Azhar.

Tambah Dirut RSKO Jakarta, mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh pegawai RSKO Jakarta, jika selama melaksanakan kegiatan managerial ada yang kurang berkenan baik sengaja atau tidak disengaja.

Lanjut nya, RSKO Jakarta telah menjalankan kegiatan sosial di bulan Ramadhan 1441 H dengan memberi santunan bagi anak yatim dilingkungan sekitar RSKO Jakarta, anak yatim keluarga besar RSKO Jakarta, dan para dhuafa. Santunan ini berasal dari infaq/sodaqoh dari ASN RSKO Jakarta, Dharma Wanita RSKO Jakarta dan KORPRI.

Selain itu RSKO Jakarta juga memberikan santunan makanan bagi cleaning service dan satpam pada bulan ramadhan. Mereka juga merupakan keluarga besar RSKO Jakarta yang telah berkerja dan membaktikan diri di RSKO Jakarta.

Dirut RSKO Jakarta menegaskan Tatanan Normal Baru akan kita hadapi bersama. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah mengurangi pembatasan-pembatasan secara bertahap. Hal ini perlu kita antisipasi dari PSBB yang diperlonggar.

Beliau mengkhawatirkan ASN RSKO Jakarta memiliki risiko terkena covid-19 akan meningkat. Kedepannya akan menjadi masalah bagi kita semua karena belum ada vaksin dan obatnya.

Beliau berpesan untuk seluruh pegawai untuk menjaga kesehatan. Setelah berkerja langsung kembali ke rumah karena hal ini yang terbaik bagi Kita semua.

dr.Budi Rahardjo M.Epid dalam tausiyah nya menyampaikan Halal Bi Halal merupakan ciri khas Negara kita yang tidak banyak ditemui di negara lain.

Ada 3 (tiga) pelajaran yang bisa kita tarik pelajarannya dari Halal Bi Halal ini, pertama membersihkan diri kembali fitrah / suci, kedua membersihkan hati dari rasa benci pada sesama karena memafkan merupakan ibadah batin yg utama, dan ketiga berkerjasama memupuk kepedulian sesama mahluk.

Kepala Instalasi Humas dan PKRS, drg.Bagus Ario Wibowo, MM berharap agar Idul Fitri 1441 H di masa Pandemi Covid-19 dapat memberikan semangat dan motivasi dalam rangka menjalankan kehidupan di masa-masa Tatanan Normal Baru.

Tambahnya, acara Halal Bi Halal online ini diharapkan tidak mengurangi silahturahmi antar pegawai, tetapi dapat yang makin mempererat persaudaraan terutama di lingkungan kerja RSKO Jakarta.

"Alhamdulillah kita sudah menjalani ibadah di Bulan Ramadhan 1441 H dan Hari kemenangan membawa kita kembali menjadi jiwa yang Fitri. Diharapkan setelah bulan Ramadhan, kita dapat berkerja dan menjalani dengan ikhlas", demikian ungkap drg.Bagus.

Tradisi Halal Bi Halal online kali ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur dari setiap pegawai RSKO Jakarta kepada Allah SWT atas nikmat dan kesempatan bisa bertemu dan bersilahturahmi walaupun terhalang pandemi Covid-19.

Tradisi Halal Bi Halal Online menjadi sarana membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun. Kegiatan ini semoga mampu memperbaiki diri dalam tahun-tahun kedepan.

----

Laporan : Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880