• rskojakarta@yahoo.co.id
News Photo

Solusi Aman Bekerja Diluar Rumah di Masa Pandemi Covid-19

Deskripsi : Solusi Aman Berkerja Diluar Rumah I Sumber Foto : dokpri

Wabah yang kemudian menjadi pandemi virus corona 2019 (COVID-19) telah menjadi kekhawatiran masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Pandemi di era millenium ini telah mengubah banyak hal, mulai dari work from homestudy from home, hubungan sosial antar manusia hingga kesadaran atas pencegahan dan pengendalian infeksi dari virus corona. 

Dampak kesehatan infeksi virus corona ini juga telah mempengaruhi mental masyarakat yang membuat banyak orang menjadi khawatir. Warga banyak yang merasa takut dirinya atau anggota keluarganya ikut terinfeksi penyakit yang berujung kematian, apalagi pemberitaan jumlah kasus Covid-19 hadir setiap hari.

Beberapa warga yang terpaksa beraktivitas atau bekerja di luar rumah merasa takut masuk tempat kerja. Hal tersebut begitu wajar karena dalam beberapa bulan terakhir pemberitaan begitu masif atas dampak covid-19 dari meninggal dunia, diasingkan oleh tetangga, jenasah ditolak dikuburkan dan dijemput paksa walaupun merasa sehat wal afiat.

Padahal, beberapa pekerjaan tertentu atau perusahaan tetap mengharuskan pekerjanya untuk bekerja di luar rumah. Apakah Anda termasuk yang harus bekerja di luar rumah dalam situasi seperti ini? Jika ya, janganlah panik dan tetap waspada. Karena, kepanikan bisa membuat Anda tidak bisa berpikir dengan jernih dan mengambil sikap yang tepat. Ada sejumlah tips perlindungan diri dari virus corona saat bekerja di luar rumah yang bisa Anda terapkan.

Tidak semua orang bisa berkerja di rumah pada masa pandemi Covid-19. Masih banyak pekerja formal dan informal yang masih berkerja karena tuntunan tugas, kebutuhan pelayanan publik atau karena pekerja harian/lepas.

Kebijakan PSBB akan sulit diterapkan bagi mereka yang memang harus berkerja diluar rumah. Untuk itu pentingnya mempersiapkan dan melakukan tindakan yang memproteksi diri Anda yang masih berkerja diluar rumah dimasa Pandemi Covid-19 agar tidak tertular.

Kekhawatiran akan tertular COVID-19 mungkin menyelimuti para pekerja yang hingga kini masih harus beraktivitas di luar rumah. Agar tetap aman berada di luar rumah atau di kantor, terapkanlah langkah pencegahan COVID-19 yang benar dan efektif. 

_

Perjalanan Ke dan Dari Tempat Kerja

Hal ini sangat penting yaitu pastikan Anda dalam kondisi sehat wal afiat, jika merasa ada keluhan batuk, pilek, demam maka tidak ada kata lain untuk TETAP TINGGAL DI RUMAH. Bila perlu pergi ke fasilitas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan. Mintalah surat sakit untuk dapat diinformasikan kepada tempat kerja.

Upayakan menggunakan pakaian lengan panjang untuk melindungi area lengan dari droplet. Selalu gunakan masker apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum. 

Sebaiknya tidak mengunakan transportasi umum jika memiliki kendaraan pribadi. Bila Anda menggunakan kendaraan roda dua gunakan helm milik Anda sendiri. Kalau terpaksa menggunakan transportasi umum patuhi anjuran physical distancing dengan menjaga jarak dengan penumpang lain dengan jarak minimal 1 meter. Bila melihat kendaraan umum yang Anda gunakan terisi penuh dan Anda perkirakan tidak dapat physical distancing jangan paksakan menaiki nya.

Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas umum, bila acapkali menyentuh berbagai benda saat di area publik langsung gunakan handsanitizer. Dapat pula mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah sampai tempat tujuan.

Pada saat menggunakan transportasi publik upayakan membayar secara non tunai, jika terpaksa memegang uang fisik gunakan hand sanitizer sesudahnya. Bila Anda menyadari sering menyentuh benda-benda ditempat umum JANGAN menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, gunakan tissue bersih jika terpaksa.

_

Di Tempat Kerja Area Publik

Fasilitas pelayanan publik masih beroperasional seperti fasilitas kesehatan (Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium Kesehatan, dll), kantor polisi, jasa pengiriman barang, transportasi publik, pasar, dll. 

Bila Anda berkerja di tempat tersebut perketat penggunaan masker, selalu menjaga jarak aman, sesering mungkin mencuci tangan dengan air sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer (4 jam sekali).

Jika diri Anda merupakan pekerja informasi publik yang berhadapan langsung dengan customer / pelanggan / pasien semisal sebagai security, frontliner, kasir, customer service, sebaiknya menggunakan face shield. Andaikan perusahaan belum menyediakan face shield sebaiknya Anda membuat sendiri. Saat ini banyak tutorial di youtube cara mudah membuat face shield.

Face shields dapat melindungi Anda dari loncatan droplet dari mulut pelanggan pada saat berbicara / batuk / bersin. Saat ini Kita tidak pernah tau siapa yang sudah positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG)  karena belum dilaksanakan rapid test / swab PCR Covid-19 secara massal. Sebagai pekerja yang berkerja di area publik sebaiknya melakukan pencegahan diri agar tidak tertular.

_

Di Tempat Kerja

Saat Anda tiba dari perjalanan menuju tempat kerja segera mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift menggunakan alat tertentu. Tidak berkerumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi saling membelakangi. Setelah keluar lift bila tersedia hand sanitizer, gunakanlah.

Jika terdapat pilihan absensi, usahakan tidak menggunakan absensi finger print. Bersihkan meja/area kerja dengan desinfektan setelah Anda tiba. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas/ peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan hand sanitizer.

Tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter. Biasakan tidak menjabat tangan. Masker tetap digunakan karena pastinya ada satu waktu Anda berdiskusi dengan rekan kerja. Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat ditempat kerja.

_

Saat Tiba Di Rumah

Ketika Anda tiba di rumah setelah dalam perjalanan pulang ini merupakan waktu pencegahan yang krusial agar keluarga di rumah tidak tertular. Ingat jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum Anda membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian kerja).

Langsung rendam pakaian dan masker, cuci dengan diterjen. Apabila Anda menggunakan masker sekali pakai sebelum dibuang robek terlebih dahulu dan basahi dengan disinfektan agar tidak mencemari pengelola sampah. 

Jika dirasa perlu bersihkan gawai / gadget, kacamata, tas dengan disinfektan. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah dengan selalu membiasakan etika batuk dan bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir bila menyentuh barang / benda yang berasal dari luar rumah semisal sehabis belanja di pasar.

---

Bagi Anda yang masih bekerja diluar rumah harus menyadari diri bahwa diri Anda berisiko tertular dan menularkan. Untuk itu jalankan anjuran pemerintah tentang pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti yang diungkapkan Presiden RI, Joko Widodo bahwa kita harus mulai berdaptasi secara perilaku kewaspadaan terhadap virus corona.

Physical distancing, gunakan masker, cuci tangan, etika batuk dan bersin dan perilaku hidup bersih dan sehat harus sudah di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Waspada Boleh Panik Jangan, memiliki arti bahwa diri kita melakukan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona tetapi kita tidak ketakutan berlebih yang terpenting kita sudah melakukan protokol pencegahan Covid-19.

Blogpost ini diupload oleh Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta

Penulis : Andri Mastiyanto, SKM (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)

Terima kasih, Salam Hangat RSKO Jakarta
Facebook (DISINI) - Twitter (DISINI) - Instagram (DISINI) - Web (DISINI)

Share This News

Comment

Hotline : 0813 1871 8880